Sabtu, 10 Maret 2018

Perbedaan Mesin Milling Manual dan Mesin CNC Milling

Dalam proses manufaktur yang diamana barang barang mentah diproses menjadi bahan yang memiliki nilai tambah pasti memerlukan alat bantu. Apalagi jika yang diproduksi sangat banyak pasti jika menggunakan tenaga manusia butuh waktu yang lama dalam mengerjakannya.



Sumber Gambar : Nusakini.com

Di masa yang sudah banyak dengan teknologi ini, sekarang terdapat mesin industri yang dapat membantu proses pekerjaan di dalam industri. Pasti orang orang sudah tidak mau lagi buang buang waktu, biaya, dan tenaga. Kini orang orang ingin mencari alat yang dapat meningkatkan produksi mereka.

Sekarang sudah banyak mesin industri yang otomatis salah satu jenisnya yang sering digunakan adalah mesin milling. Walaupun industri industri masih ada yang memakai mesin yang manual. Tetapi tahukah kalian perbedaan mesin milling yang manual dan otomatis.

Mesin milling adalah mesin yang sangat banyak fungsinya selain mampu di permukaan datar atau yang berlekuk dengan penyelesaian dan ketelitian yang istimewa, mesin ini juga berguna untuk menghaluskan atau meratakan material sesuai dengan dimensi yang diinginkan.

Mesin mesin ini jika dilihat dari sistem operasinya dpat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu : mesin milling manual (konvensional) dan otomatis (CNC milling).

Perbedaan Mesin CNC Milling dan Manual

Mesin Milling Manual

Mesin milling manual untuk menggerakan cutter dan meja potongnya harus dibantu dengan tenaga manusia (operator) sehingga dapat memakan waktu dan tenaga. Proses milling tetap menggunakan mesin, walaupun menggunakan mesin, operator harus tetap siap sedia memantau kerja mesin dengan teliti agar hasil milling baik.


Sumber Gambar : solusiindustri.com



Mesin CNC Milling

Mesin CNC milling untuk menggerakan cutter dan meja potongnya dijalankan oleh sistem komputer. Sama seperti namanya CNC (Computer Numerical Control yang) dimana semua proses pekerjaan dikerjakan dengan menggunakan program komputer.

Memang kalau dilihat dari segi keamanan kerja, tentu kedua duanya memiliki resiko menimbulkan kecelakaan tapi mesin CNC milling lebih minim menimbulkan kecelakaan karena tidak melibatkan banyak operator dalam pengerjaannya.

Selain itu mesin CNC juga memiliki keunggulan seperti Menghemat waktu produksi, Menghindari kesalahan kerja oleh operator (human error), Menghemat pengeluaran untuk membayar pekerja ,Lebih awet dibandingkan mesin manual, dan Tingkat akurasi yang sangat tinggi.




Sumber Gambar : google.com

Keselamatan dalam Mengoperasikan Mesin Milling

Mau menggunakan mesin milling yang manual atau pun mesin CNC selalu saja kita wajib mencermati segi keselamatan. Apa saja segi keselamatan dalam bekerja yang wajib diperhatikan ketka mengoperasikan mesin milling ? Berikut ini adalah segi faktornya :

Kacamata

Kacamata dibutuhkan untuk operator agar tidak terkena serpihan atau potongan yang terlempar disaat mesin milling sedang bekerja. Disarankan operator menggunakan kacamata bening yang tebal.


Sarung Tangan

Sarung tangan dibutuhkan untuk jauhi terjadinya luka terhadap tangan sang operator dikarenakan terkena goresan dari serpihan yang sedang ditunaikan oleh mesin milling.

Sepatu Safety

Sepatu dibutuhkan untuk memelihara kaki, dikarenakan di lingkungan sekitar mesin terlampau rawan jika ada serpihan yang jatuh ke bawah.

Menjaga Jarak

Operator diharuskan untuk memelihara jarak bersama mesin milling yang  sedang beroperasi. Pasti tiap tiap industri telah menetapkan jarak minimal bagi para operatornya.


Baca Juga

Perbedaan Mesin Milling Manual dan Mesin CNC Milling
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan