Minggu, 11 Maret 2018

Cara Pengoperasian dan Fungsi Mesin CNC

Di dalam industri manufaktur yang begitu banyak pekerjaannya pastilah membutuhkan bantuan mesin. Tetapi ada pula industri manufaktur yang msih mengandalkan tenaga manual. Tentu saja ini akan menghambat produksi, karena kalau menggunakan mesin pasti jauh lebih cepat.

Sekarang sudah banyak mesin mesin industri yang sangat membantu pekerjaan manusia. Sekarang juga telah ada mesin industri yang sangat efesien. Mesin sekarang juga banyak yang hanya satu orang saja yang mengoperasikannya. Mesin sekarang sudah banyak yang otomatis, jadi ngapain menggunakan yang manual kalau ada yang otomatis ?

Salah satu mesin industri otomatis yang sering digunakan adalah adalah Mesin CNC (Computer Numerical Control). Mesin ini berfungsi untuk mengontrol kinerja mesin-mesin lain yang dipergunakan.



Sumber Gambar : epinmuhardan.blogspot.com


Cara Mengoparasikan Mesin CNC
Berdasarkan dengan cara mengoperasiannya mesin CNC terbagi menjadi 2 cara yaitu :

Sistem Absolut

Sistem ini penempatan titik awalnya akan digunakan sebagi titik acuan, maksudnya adalah menentukan titik referensi yang berlaku tetap sepanjang sistem operasi mesin CNC berlangsung.

Untuk mesin bubut titik referensinya akan diletakan pada sumbut pusat benda kerja yang akan dijalankan pada bagian ujungnya. Sementara itu untuk mesin frais titik referensinya diletakan pada titik temu antara 2 segi benda kerja yang dikerjakan.

Sistem Incremental

Sistem ini penempatan titik awalnya akan digunakan sebagai acuan tetap berganti cocok bersama dengan titik aktual yang dinyatalan terakhir kali.

Untuk mesin bubut maupun mesin frais caranya sama, setiap gerakan benda yang terakhir, maka titik akhir dari gerakan alat potong selanjutnya dibaca sebagai titik awal yang akan digunakan sebagai acuan pada pekerjaan selanjutnya.

Sumber Gambar : directindustry.com


 Fungsi Mesin CNC

1  Memotong

Fungsi mesin CNC yang pertama yakni untuk laksanakan aktivitas memotong sebuah benda sesuai bersama dengan wujud yang diinginkan. Dengan mesin ini aktivitas industri terutama untuk memotong bahan mampu terjadi lebih efisien dan efisien didalam artian hemat tenaga dan termasuk hemat waktu.

2  Menggrafir


Fungsi ke dua berasal dari mesin yang satu ini yaitu untuk melakukan grafir. Mungkin anda belum benar-benar familiar bersama arti yang satu ini, tapi pemanfaatan benda yang di grafir ini benar-benar dekat sekali bersama kita. Beberapa produk yang biasanya melalui sistem grafir selanjutnya seperti pengerjaan trofi, aksesoris, sampai bersama perhiasan-perhiasan.

3  Melakukan marka


Marka atau marking sanggup kita artikan sebagai sebuah pengerjaan sebuah simbol atau tulisan terhadap sebuah benda. Bisanya marka ini ditunaikan dengan memberi tambahan sebuah gambar label sehingga orang lain sanggup dengan ringan mengetahui dari perusahaan atau lembaga mana product tersebut. Beberapa bahan yang sanggup ditunaikan marking dengan mesin ini seperti keramik, kayu, tembaga, kaca, dan masih banyak lagi lainya.

Baca Juga

Cara Pengoperasian dan Fungsi Mesin CNC
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

1 komentar:

7 Desember 2019 pukul 18.02 delete

Artikel bagus, Pernahkah Anda mendengar LFDS (Le_Meridian Funding Service, Email: lfdsloans@outlook.com --WhatsApp Contact: 1-9893943740--lfdsloans@lemeridianfds.com) adalah karena layanan pendanaan AS / Inggris mereka memberi saya pinjaman $ 95.000 untuk luncurkan bisnis saya dan saya telah membayar mereka setiap tahun selama dua tahun sekarang dan saya masih memiliki 2 tahun lagi walaupun saya senang bekerja dengan mereka karena mereka adalah Pemberi Pinjaman asli yang dapat memberi Anda segala jenis pinjaman.

Reply
avatar