Kamis, 08 Maret 2018

Mesin CNC, Mesin Industri yang Sangat Membantu

Manufaktur. Istilah ini digunakan untuk kegiatan manusia, dari kerajinan tangan hingga ke mengolah bersama dengan teknologi tinggi, tapi demikianlah makna ini lebih kerap digunakan untuk dunia industri, di mana bahan baku diubah jadi barang jadi di dalam skala yang besar. Tentu dalam mengubah barang mentah menjadi barang jadi memerlukan bantuan mesin industri.



Sumber Gambar : muda.kompas.id

Di dalam dunia industri biasanya memakai alat berupa mesin, mesin tersebut ada yang manual dan juga ada yang otomatis. Di masa sekarang orang pasti ingin menggunakan yang mudah dan cepat. Maka dari itu dibutuhkan mesin yang tidak membutuhkan banyak opertaornya.

Kini dengan berkembangnya teknlogi, sudah banyak mesin mesin industri yang otomatis. Cara cara manual yang dulu pernah dipakai mungkin sekarang sudah jarang dipakai lagi. Sekarang orang orang beralih ke mesin industri yang sudah canggih, karen jika masih menggunakan tenaga manusia pasti rugi waktu, biaya, tenaga dan yang lainnya.

Salah satu mesin industri yang sering digunakan adalah Mesin CNC (Computer Numerical Control). CNC adalah mesin yang dipergunakan untuk pengontrolan otomatis dalam dunia industri. Mesin ini berfungsi untuk mengontrol kinerja mesin-mesin lain yang dipergunakan.



Sumber Gambar : insinyoer.com

 Berikut adalah Kelebihan dari Mesin CNC :

    Menghemat waktu produksi
    Menghindari kesalahan kerja oleh operator (human error)
    Menghemat pengeluaran untuk membayar pekerja
    Lebih awet dibandingkan mesin manual
    Tingkat akurasi yang sangat tinggi

Semua kegiatan produksi sekarang telah bisa dilakukan secara otomastis, kita tidak perlu lagi repot repot untuk menggunakan mesin yang manual lagi. Dengan begitu mesin CNC telah menggantikan tugas dari operator yang masih mengoperasikan secara manual.


Mesin CNC juga sekarang telah berkembang secara pesat, karena telah mengubah semua pabrik dan industri yang selama ini menggunakan tenaga manusia menjadi menggunakan mesin yang otomatis. Dengan menggunakan mesin CNC pekerjaan serumit apapun dapat dibuat secara mudah dalam jumlah banyak.

Baca Juga

Mesin CNC, Mesin Industri yang Sangat Membantu
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan