Rabu, 14 Maret 2018

Perbedaan Mesin Drilling Manual dengan Mesin Drilling CNC

Mesin milling biasanya dipakai oleh industri manufaktur. Mesin milling merupakan mesin industri yang sangat bermanfaat untuk  produksi industri agar pekerjaan menjadi lebih cepat serta rapih. Mengapa mesin milling dapat melakukan pekerjaan lebih cepat dan rapih ?

Karena mesin milling dapat membuat lekukan, menghaluskan, mengebor, dan memotong material sesuai dengan dimensi yang telah ditentukan. Di dalam mesin milling ini tidak boleh ketinggalan yang namanya sistem Drilling. Karena sistem drilling ini sangat erat kaitannya dengan mesin milling.

Sumber Gambar : bukalapak.com


Apa itu sistem drilling ? Sistem drilling merupakan sistem yang melakukan lubang pada pipa baja atau logam. Ternyata di dalam mesin ini juga terdapat air atau water cooling yang berfungsi agar mesin tidak panas saat sistem pengeboran dan agar mata bor tidak cepat rusak.


Mesin Drilling Manual

Dalam proses drilling dapat dilakukan dengan sistem yang berbeda, sistem yang berbeda tersebut adalah secara manual dan secara otomastis (CNC). Jika kita menggunakan sistem secara manual, pengeboran dikerjakan oleh manusia dengan cara menekan tuas agar mata bor masuk ke dalam pipa besi atau logam yang ingin dilubangi.

Jika dilihat, proses drilling manual ini cukup memakan waktu dan tenaga. Selain memakan waktu dan tenaga kemungkinan besar juga dapat membahayakan sang operator yang sedang mengoperasikan mesin tersebut. Karena bisa saja sang operator terkena sisa pengeboran, serpihan baja, tangan tergores mata bor, dll

Jadi yang dapat mengoperasikan mesin drilling manual ini hanya orang yang profesional karena kalau tidak profesional dapat memicu lubang yang telah dibuat tidak rapih dan tidak presisi. Jadi operator harus selalu mengawasi dan memperhatikan apakah pekerjaan yang dilakukan itu benar atau tidak.



Sumber Gambar : testindo.com


Mesin Drilling Otomatis (CNC)

Dalam proses drilling otomatis ini kita tidak perlu repot repot seperti yang dilakuan dengan proses drilling manual. Cara penggunaannya jauh lebih mudah karena memanfaatkan sistem komputer. Cukup dengan masukan materila yang ingin dilubangi ke dalam mesin, selanjutnya sang operator memprogram kecepatan bor, jarak dan ukuran lubang yang ingin dibuat.

Mesin ini akan berjalan jika program telah dimasukan oleh sang operator. Mungkin dari kalian bertanya bagaimana hasilnya ? Jangan diragukan lagi hasil pengeboran dengan mesin drilling CNC jauh lebih rapih dan semua aka tetap presisi karena sudah diprogram.

Jadi dengan menggunakan mesin drilling CNC ini pekerjaan yang banyak dan rumit akan cepat selesai. Kita juga dapat menambah jumlah produksi lebih banyak jika menggunakan mesin ini.


Untuk keamanan mesin drilling CNC ini cukup aman sekali. Karena di dalam mesin ini terdapat sensor yang dimana jika ada bagian tubuh yang terkena sensor ini maka mesin akan berhenti dan mati dengan sendirinya.



Sumber Gambar : AliExpress.com

Baca Juga

Perbedaan Mesin Drilling Manual dengan Mesin Drilling CNC
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan