Kamis, 15 Maret 2018

Apa itu yang dimaksud dengan Mesin Bubut ?

Mesin bubut adalah mesin industri yang diguakan untuk membuat berbagai jenis produk, mesin bubut ini membuat berbagai jenis produk dengan proses pemotongan. Proses pemotongan pada mesin bubut dilakukan dengan cara menyayat material yang berputar dengan alat potong atau pahat.

Bagaimana prinsip kerja mesin bubut ? Prinsip kerja mesin bubut adalah menghilangkan bagian material untuk mendapatkan hasil tertentu, caranya adalah dengan memasukan material ke dalam mesin bubut, material akan diputar dengan kecepatan tertentu disamakan dengan proses pemahatan.

Sumber Gambar : jogja-training.com


Mengapa material diputar harus bersaman dengan proses pemahatan ? Material yang digerakan bersama proses pemahatan itu bertujuan untuk menyayat permukaan luar material yang ingin diubah bentuknya sesuai dengan arah pahatan tersebut.

Mesin bubut terbagi menjadi 2 dalam cara pengoperasiannya yaitu dengan sistem manual dan sistem otomatis (CNC). Jika kita memakai sistem manual maka kita harus turun tangan langsung untuk mengoerasikannya. Karena mesin bubut manual cara pengoperasiannya dijalankan oleh manusia.

Sumber Gambar : agenmesinbubut.com


Jika dilihat mesin bubut manual akan memakan banyak waktu dan tenaga. Jika kita memiliki banyak produksi maka kita bisa keteteran mengerjakannya. Maka dari itu kini sudah dibuat mesin bubut otomatis atau biasa disebut dengan CNC (Computer Numerical Control).

Seperti namanya mesin bubut otomatis cara pengoperasiannya dilakukan dengan sistem komputer. Mengoperasikannya cukup memasukan program kepada mesin bubut dan mesin bubut akan secara otomatis melakukan pekerjaan sesuai program yang telah dimasukan oleh sang operator kepada mesin bubut.

Dengan mesin bubut otomatis kita dapat mengerjakan pekerjaan yang banyak dan rumit menjadi lebih cepat dan mudah. Karena seluruh pergerakan sudah diatur atau diprogram secara otomatis dengan menggunakan komputer. Mesin bubut yang otomatis juga ditambah dengan tool magazine agar sejumlah alat potong dapat diletakan dimesin secara berurutan dengan hanya sedikit pengawasan berasal dari operator.



Baca Juga

Apa itu yang dimaksud dengan Mesin Bubut ?
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan